Sabtu, 13 November 2010

Pesawat Presiden Amerika

AIR FORCE ONE

Air force one adalah nama sandi untuk pesawat milik Angkatan Udara AS (US Air Force) yang dinaiki presiden Amerika. Bila dalam keadaan darurat pesawat milik AS dinaiki oleh presiden maka namanya menjadi “Air Force One”. Nama sandi tersebut membedakan antara pesawat yang sedang dinaiki Presiden Amerikan dengan yang tidak.

Demikian juga ketika Presiden AS menggunakan perjalanan darat maka nama sandinya adalah “Army One”. Kalau sedang naik Helikopter (milik US Marine) maka nama sandinya menjadi “Marine One".

Dengan demikian pemerintah Amerika tetap memiliki kendaraan khusus presiden untuk setiap nama sandi. Kendaraan-kendaraan tersebut rutin digunakan Presiden Amerika kemudian dikenal dengan sebutan Marine One (Helikopter), Air Force One (pesawat udara) dan Army One (kendaraan lapis baja).

Ketika masa Presiden Theodore Roosevelt pada dekade 1910-an pemerintah AS merencanakan untuk memiliki pesawat kepresidenan karena pada saat itu tugas-tugas Presiden Amerika sudah semakin kompleks dan dibutuhkan sebuah pesawat khusus untuk menunjang kinerjanya.

Pesawat Air Force One mampu mengelilingi setengah dunia tanpa mengisi bahan bakar dalam sekali terbang karena itu ia sanggup membawa 53.611 galon bahan bakar. Pesawat Air Force One adalah buatan Boeing.

Dalam prosedur penerbangan juga ada standar baku yang ketat seperti persiapan menyeluruh dilakukan atas pesawat ini. Kabarnya kru pesawat yang terpilih juga diinapkan selama berhari-hari di Andrew Air Force Base sebelum hari keberangkatan.

Beberapa hari sebelum pesawat mendarat, angkatan Udara AS sudah lebih dulu mengirim pesawat kargo C141 Starlifter untuk memuat Van untuk para pengawal, persenjataan lengkap dan mobil kepresidenan. Saat berada di udara, Air Force One dikawal sedikitnya oleh dua pesawat tempur.

Ruang Kerja Di Dalam Air Force One
 
Di Gedung Putih Presiden terdapat Ruang Oval untuk tempat kerja Presiden maka di dalam pesawat Air Force One juga demikian terdapat ruang kerja yang bernama Presidential Suite yang terletak di bagian depan pesawat. Di area tersebut tersedia kamar tidur, ruang santai dan kamar mandi. Para staf senior presiden juga meliki ruang kerja sendiri-sendiri. Juga terdapat ruang rapat yang cukup besar untuk membahas isu-isu penting.

Skenario Bila Presiden Diserang

Seandainya terjadi penyerangan terhadap presiden maka SS langsung mengevakuasi presiden dan istrinya dengan helicopter ke pangkalan udara bergerak milik AS.

Kapal induk USS Essex akan segera melindungi kepala negaranya dan bersiap-siap melakukan serangan balasan sesuai tingkat serangan yang mengancam. Di kapal ini terdapat puluhan helicopter CH-46 Sea Knight, satu skuadron tempur AV-8B Harier dan satu skadron heli antikapal selam juga terdapat tiga hovercraft Air Cushion Landing Craft. Dalam perjalanannya, kapal induk ini dipantau langsung oleh Armada ke-7 AL AS yang bermarkas di Hawai.

Artikel menarik lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dg sopan, baik dan berbobot mencakup artikel menarik, tips menarik, berita unik, info terbaru, pengalaman aneh dll.