Rabu, 17 November 2010

Manfaat Menguap


MANFAAT DARI MENGUAP

Menguap merupakan tanda mengantuk, kelelahan dan bosan. Menguap di dengan mulut terbuka lebar di dalam suasana formal terlihat kurang sopan, sebenarnya menguap memiliki manfaat positif bagi kesehatan.

Ahli neuroscientist yang bernama Andrew Newberg, Direktur The Center for Spirituality and the Mind dari Universitas of Pennsylvania mengatakan bahwa menguap merupakan salah satu rahasia kesehatan.

Menurut Newberg, menguap akan menstimulasi irama syaraf di bagian tertentu di otak dan mengatur metabolisme dan temperatur otak. Seluruh fungsi ini meningkatkan control otot dan sensualitas. Dia menyarankan menguap setidaknya 10 kali setiap hari.

“Kalau anda ingin punya otak yang sehat, sangat penting untuk menguap,” katanya. “Menguap lebih efektif dari meditasi untuk meningkatkan fungsi kongnitif.”

Penelitian juga menunjukkan menguap dapat merangsang bagian otak yang berfungsi pada kepedulian sosial dan rasa empati. Selain itu menguap juga membantu mengatur jam biologis tubuh. Pada saat tubuh sedang lelah, menguap adalah sinyal alami agar kita segera beristirahat.

Artikel menarik lainnya:
Bahaya Tindik
Bahaya Plastik Kresek
Danau Kerangka Manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dg sopan, baik dan berbobot mencakup artikel menarik, tips menarik, berita unik, info terbaru, pengalaman aneh dll.