Kamis, 25 November 2010

Kopi Terfavorit Dunia Berasal Dari Indonesia

KOPI LUWAK ADALAH KOPI TERFAVORIT DAN TERMAHAL DI DUNIA

Kopi adalah minuman peringkat 2 dunia yang berkafein tinggi, satu peringkat di bawah air putih dalam hal konsumsi. Sekitar 2 juta orang minum kopi setiap harinya. Indonesia adalah pemasok kopi tertinggi di dunia menurut data statistik FAO, menempati urutan ke 3 dunia.

Yaitu kopi Luwak yang diminati oleh para kafeinisme dunia. Proses pemetikan biji kopi Luwak berbeda dengan kopi lainnya. Proses pemetikan kopi Luwa bisa dibilang agak menjijikkan. Bagaimana tidak menjijikkan, ternyata kopi yang telah matang di berikan kepada Luwak (sejenis musang) untuk dimakannya. Setelah itu para petani menunggu para Luwak tersebut membuang kotorannya. Nah, biji kopi yang keluar bersamaan dengan kotoran Luwak inilah yang diambil untuk di olah lebih lanjut.
Peneliti riset dari Kanada membuktikan bahwa protein yang ada di perut membuat biji kopi berfermentasi dan matang lebih sempurna sehingga menghasilkan rasa yang jauh lebih enak dan padat dibandingkan kopi-kopi yang lain.

Harga kopi Luwak di pasaran dunia sangat tinggi, sekitar 635 US dollar bahkan lebih untuk 1 kg kopi Luwak. Di Amerika untuk mencicipi kopi Luwak harus merogoh kocek sebesar 50 dollar US.

Dalam acara TV show di Amerika, Kopi Luwak dibahas sebagai kopi termahal di dunia di acara Oprah Winfrey Show. Di film ‘The Bucket List’ yang diperani Jack Nicholson juga sempat mempromosikan kopi Luwak yang berasal dari Indonesia dengan dialog: “kopi Luwak, kopi terenak di dunia”.


Artikel menarik lainnya:
Kebiasaan yg Dapat Merusak Gigi
Pesawat Presiden Amerika
Kodok Raksasa
Hutan Batu
Manfaat Air Kelapa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dg sopan, baik dan berbobot mencakup artikel menarik, tips menarik, berita unik, info terbaru, pengalaman aneh dll.