Rabu, 01 Desember 2010

Manfaat Minum Teh

Manfaat Teh

Manfaat dari teh yaitu sebagai antioksidan, menghaluskan kulit, memperbaiki sel-sel yang rusak, melangsingkan tubuh, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah. Maka teh sering disebut sebagai minuman kaya manfaat.

Zat-zat yang terdapat pada teh:

1. Polifenol
Polifenol pada teh yaitu berupa flavanol dan katekin. Kedua senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh dan juga ampuh menangkap radikal bebas dalam tubus serta ampuh juga dalam mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas yang ada di tubuh terbawa dari lingkungan udara yang tercemar polusi dan dari makanan yang kita makan.

2. Vitamin E
Dalam satu cangkir teh yang kita minum mengandung vitamin E sekitar 100-200IU. Jumlah ini cukup untuk berfungsi membuat kulit menjadi halus dan menjaga kesehatan jantung.

3. Vitamin C
Vitamin C berfungsi sebagai daya tahan tubuh atau imunitas. Vitamin C juga bermanfaat sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit.

4. Vitamin A
Vitamin A pada teh berbentuk betakaroten.

Teh yang umumnya dikenal yaitu teh hijau, teh Oolong/ulung, teh putih dan teh hitam. Teh hijau adalah teh yang paling baik karena proses pembuatannya tidak dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari tetapi dengan teknik pengeringan khusus. Sedangkan teh lainnya diproses dengan cara fermentasi. Zat-zat yang terkandung dalam teh sangat mudah teroksidasi. Bila daun teh terkena sinar matahari maka proses oksidasi terjadi.

Selain terdapat zat-zat yang bermanfaat, teh juga mengandung zat yang kurang baik, yaitu kafein. Batas aman manusia untuk mengkonsumsi teh dalam sehari adalah 750 mg/hari setara dengan 5 cangkir teh berukuran 200 ml.

Pantangan Minum Teh:

- Jangan minum teh sesudah atau saat makan karena zat yang terkandung di dalam makanan dapat diambil oleh zat stimulant teh.
- Teh jangan dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
- Jangan minum teh saat perut kosong karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.
- Jangan minum teh yang sudah dibiarkan semalaman karena sudah banyak zat-zat yang teroksidasi dan basi sehingga tidak baik bagi tubuh.
- Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Zat stimulan dan kafein yang terkandung pada teh bisa merangsang kontraksi rahim.

Cara Menyeduh Teh Yang Baik

Gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius dan jangan gunakan air yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat celcius karena dapat menghilangkan manfaat dari teh. Teh bisa juga dicampur dengan susu yang sering dikenal dengan teh susu gunanya untuk mengurangi efek stimulant dari teh karena kalsium susu akan mengikat zat-zat stimulant pada teh.

Bila teh dicampurkan dengan lemon maka kita mengenalnya dengan Lemon Tea. Lemon akan memberikan perlindungan bagi pencernaan karena asam sitrat dalam lemon dapat mencegah timbulnya kerak pada dinding usus.

Manfaat Kacang Hijau
Manfaat Air Kelapa 
Kebiasaan yg Dapat Merusak Gigi
Pesawat Presiden Amerika
Kodok Raksasa
Hutan Batu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dg sopan, baik dan berbobot mencakup artikel menarik, tips menarik, berita unik, info terbaru, pengalaman aneh dll.